blog

Hymne MAN 1 Bandung

SEKELUMIT KISAH DAN LIRIK HYMNE MAN SATU BANDUNG
Oleh: Iis Sofiah Robiah Adawiyah (Kepala MAN 1 Bandung)

Memasuki tahun keenam saya menjadi bagian dari keluarga besar MAN 1 Bandung, sejak dilantik sebagai kepala MAN 1 Bandung pada tanggal 14 Januari 2016 lalu, Hymne MAN Satu Bandung baru berhasil dibuat dan diliris. Tepatnya pada hari Jum’at, 08 Oktober 2021 saya baru berhasil merampungkan lirik dan lagunya. Padahal keinginan untuk membuatkan Mars dan Hymne MAN Satu Bandung sudah muncul sejak awal ditugaskan. Namun… karena berbagai kesibukan, rencana tersebut terus tertunda dan terunda lagi.
Lirik Hymne MAN Satu Bandung terinspirasi dari kondisi alam dan lingkungan sekitar lokasi MAN 1 Bandung. Beberapa bukit bederet cantik di sebelah Selatan kampus. Salah satu bukit tersebut dikenal dengan nama Bukit Bumi Wangi. Di kaki bukit tersebut, tampak hamparan luas pesawahan milik masyarakat bagaikan permadani berwarna hijau, kreasi Tuhan Sang Maha Pencipta. Setiap kali saya memandang lingkungan nan asri tersebut, terbersit ingin mengabadikannya dalam sebuah puisi.
Setelah berhasil menjadikannya sebuah puisi, ide lain muncul. Kenapa tidak dijadikannya sebagai lagu saja, melengkapi lagu Mars MAN Satu Bandung yang sudah duluan rilis. Maka, setiap kali saya berkeliling memantau lingkungan madrasah di pagi hari, saya selalu bersenandung mencari inspirasi untuk membuat nadanya. Alhamdulillaah…hanya selang waktu beberapa jam, terciptalah senandung Hymne MAN Satu Bandung.
Setelah melalui diskusi singkat dengan salah seorang guru yang kompeten untuk mengoreksi unsur bahasa dan nadanya, yaitu Ibu Hj. Mutmainah, langkah selanjutnya adalah meminta bantuan seorang musisi untuk membuat aransemen musiknya. Nama Rana Febriansyah, teman dari Kiki Jajat Sopian, pustakawan MAN 1 Bandung, kembali dilibatkan.
Kini Hymne MAN Satu Bandung berhasil rilis mendampingi Mars MAN Satu Bandung.
Dengan tulus hati dan sebagai bentuk kenang-kenangan abadi dari saya pribadi, Hymne MAN Satu Bandung sepenuhnya saya serahkan untuk menjadi milik MAN 1 Bandung tercinta. Harapan saya, semoga karya saya ini bisa diterima dan bisa dinikmati oleh semua warga MAN 1 Bandung khususnya, serta oleh seluruh masyarakat luas pada umumnya.
Demikian sekelumit kisah tentang proses lahirnya Hymne MAN Satu Bandung saya sampaikan. Semoga seluruh yang terlibat dalam pembuatan Hymne MAN Satu Bandung ini senantiasa dilimpahi kebaikan dan keberkahan oleh Allah Swt., dan semoga isi dan makna dari Hymne MAN Satu Bandung ini memberikan pengaruh positif bagi MAN 1 Bandung dan bagi seluruh warga MAN 1 Bandung untuk tetap berada dalam Berkah dan Karunia Allah Swt., dan MAN 1 Bandung tetap maju, jaya dan sejahtera.

HYMNE MAN 1 BANDUNG
Lagu dan Lirik Oleh: Iis Sofiah Robiah Adawiyah (Kepala MAN 1 Bandung)
Komposisi musik & aransemen oleh Mustyka Lingga Gumilar
Pengisi Instrumen musik oleh Mustyka Lingga Gumilar
Pengisi vocal & aransemen vocal oleh Rana Febriansyah

DIKAKI BUKIT BUMIWANGI
HAMPARAN LUAS NAN HIJAU
DISANALAH KAMI MENGABDI
MENGHARAP RIDHO ILAHI

MADRASAH UNGGUL BERPRESTASI
MENDIDIK SEPENUH HATI
WUJUDKAN CITA-CITA SUCI
JADI GENERASI QUR'ANI

SELALU KU PANJATKAN DO'A
KEPADA SANG MAHA KUASA
UNTUK MAN SATU TERCINTA
SEMOGA SEJAHTERA

UNTAIAN DO'A BERMAKNA
KEPADA SANG MAHA PENCIPTA
UNTUK MAN SATU TERCINTA
SEMOGA TETAP JAYA


MADRASAH UNGGUL BERPRESTASI
MENDIDIK SEPENUH HATI
WUJUDKAN CITA-CITA SUCI
JADI GENERASI QUR'ANI

SELALU KU PANJATKAN DO'A
KEPADA SANG MAHA KUASA
UNTUK MAN SATU TERCINTA
SEMOGA SEJAHTERA

UNTAIAN DO'A BERMAKNA
KEPADA SANG MAHA PENCIPTA
UNTUK MAN SATU TERCINTA
SEMOGA TETAP JAYA

SEMOGA TETAP JAYA (2X)