1. Visi
”Menjadi
Madrasah Unggul Dalam Prestasi Dan Berkarakter Islami”
dengan
indikator keberhasilan visi sebagai berikut :
Membentuk Pribadi Unggul yang :
1. Cerdas
Spiritual
2. Cerdas
Intelektual
3. Cerdas
Emosional
4. Cerdas
Sosial
5. Cerdas
Profesional
2. Misi
Untuk
mewujudkan visi di atas MAN 1 Bandung
memiliki misi sebagai berikut :
1. Melaksanakan
pendidikan efektif
2. Mengembangkan
segenap potensi sumber daya madrasah melalui peningkatan prestasi akademikdan
non akademik
3. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran yang adaptif,
inovatif, kreatif, dan menyenangkan
Menyiapkan peserta didik yang mampu bersaing, bersaing dalam kegiatan lomba
tingkat regional dan nasional
4. Melaksanakan
pembinaan keimanan dan ketakwaan secara intensif
5. Mengembangkan
perilaku berkarakter islami melalui kegiatan pembiasaan
6. Cerdas Spiritual dan Cerdas lingkungan Sosial Budaya serta peduli
lingkungan Alam
Indikator
keberhasilan misi adalah :
1. Pembelajaran dilakukan mengikuti
kurikulum dan konsep pembelajaran modern dengan berbasis teknologi;
2. Seluruh komponen yang berada di
lingkungan MAN 1 Bandung turut
bertanggung jawab terhadap segala pengembangan dalam upaya memajukan lembaga;
3. Pembinaan keimanan dilakukan
dengan memperbanyak kegiatan keagamaan seperti shalat berjama’ah, bertutur kata
santun, BTQ dan Peringatan Hari Besar Islam.
4. Menerapkan Pembiasaan perilaku
berkarakter Islami
5. Menerapkan Pembiasaan Perilaku
peduli lingkungan yang indah, bersih dan sehat.
3. Tujuan Madrasah
Tujuan
yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
1 Bandung adalah:
1.
Madrasah
memenuhi standar isi dan standar proses;
2.
Terlaksanaannya
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dan
kekompakan (team teaching) untuk lebih
mengoptimalkan sumber daya manusia guru dan mencegah terjadinya kekosongan jam
pelajaran sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi
yang dimiliki;
3.
Penerapan
evaluasi atau penilaian hasil belajar secara konsisten dan berkesinambungan;
4.
Optimalisasi pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan;
5.
Memotivasi dan membantu peserta didik untuk pengembangan
diri dalam mengenali potensi diri dan minat melalui program bimbingan konseling
sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal;
6.
Optimalisasi
pelayanan terhadap peserta didik dengan melengkapi sarana dan prasarana
penunjang proses pembelajaran;
7.
Optimalisasi
pengembangan diri dalam hal minat dan bakat siswa melalui program bimbingan
konseling dan ektrakurikuler (Pramuka, Paskibra, seni, olah raga, dan
keterampilan lain yang relevan) sehingga setiap siswa dapat mengembangkan bakat
yang dimiliki secara optimal.
8.
Optimalisasi
penerapanm perilaku sehat, bersih, dan indah.
MOTTO
“Mendidik dengan Sepenuh Hati”