Visi dan Misi MAN 1 Bandung

1.     Visi

Menjadi Madrasah Unggul  Dalam Prestasi Dan Berkarakter Islami  

dengan indikator keberhasilan visi sebagai berikut :

Membentuk Pribadi Unggul yang :
1.
 Cerdas Spiritual
2.
 Cerdas Intelektual
3.
 Cerdas Emosional
4.
 Cerdas Sosial
5.
 Cerdas Profesional

  

2.     Misi 

Untuk mewujudkan visi di atas MAN 1 Bandung  memiliki misi sebagai berikut :

1.  Melaksanakan pendidikan efektif

2.  Mengembangkan segenap potensi sumber daya madrasah melalui peningkatan prestasi akademikdan non akademik

3.  Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang  adaptif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
Menyiapkan peserta didik yang mampu bersaing, bersaing dalam kegiatan lomba tingkat regional dan nasional

4.  Melaksanakan pembinaan keimanan dan ketakwaan secara intensif

5.  Mengembangkan perilaku berkarakter islami melalui kegiatan pembiasaan

6.  Cerdas Spiritual dan Cerdas lingkungan Sosial Budaya serta peduli lingkungan Alam

 

Indikator keberhasilan misi adalah :

1.  Pembelajaran dilakukan mengikuti kurikulum dan konsep pembelajaran modern dengan berbasis teknologi;

2.  Seluruh komponen yang berada di lingkungan MAN 1 Bandung  turut bertanggung jawab terhadap segala pengembangan dalam upaya memajukan lembaga;

3.  Pembinaan keimanan dilakukan dengan memperbanyak kegiatan keagamaan seperti shalat berjama’ah, bertutur kata santun, BTQ dan Peringatan Hari Besar Islam.

4.  Menerapkan Pembiasaan perilaku berkarakter Islami

5.  Menerapkan Pembiasaan Perilaku peduli lingkungan yang indah, bersih dan sehat.

 

3.    Tujuan Madrasah

Tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung adalah:

1.     Madrasah memenuhi standar isi dan standar proses;

2.     Terlaksanaannya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) dan kekompakan (team teaching) untuk lebih mengoptimalkan sumber daya manusia guru dan mencegah terjadinya kekosongan jam pelajaran sehingga setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki;

3.     Penerapan evaluasi atau penilaian hasil belajar secara konsisten dan berkesinambungan;

4.     Optimalisasi pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan;

5.     Memotivasi dan membantu peserta didik untuk pengembangan diri dalam mengenali potensi diri dan minat melalui program bimbingan konseling sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal;

6.     Optimalisasi pelayanan terhadap peserta didik dengan melengkapi sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran;

7.     Optimalisasi pengembangan diri dalam hal minat dan bakat siswa melalui program bimbingan konseling dan ektrakurikuler (Pramuka, Paskibra, seni, olah raga, dan keterampilan lain yang relevan) sehingga setiap siswa dapat mengembangkan bakat yang dimiliki secara optimal.

8.     Optimalisasi penerapanm perilaku sehat, bersih, dan indah.

 

 

MOTTO

Mendidik dengan Sepenuh Hati