blog

Program Unggulan Ramadhan di MAN 1 Bandung

Pada Ramadhan 1443 H, MAN 1 Bandung mengadakan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan memotivasi peserta didik untuk berlomba dalam kebaikan. Kegiatan Ramadhan yang diprogramkan adalah Gempita Ramadhan Membara 1443 H, Gema Pesantren Iman dan Taqwa, Raih Maghfirah dengan Al Qur’an, Menangkan Shoum Beroleh Surga.
Ada lima program kegiatan yang dilakukan pada minggu ke-3 di bulan ramadhan 1443 H.
Batas (Baca Al Qur’an sampai Tuntas), merupakan program khataman membaca Al Qur’an 30 Juz dalam satu hari, dengan teknis pelaksanaan setiap kelas mendapat bagian sebanyak 2 Juz dengan pembagian yang merata, sehingga seluruh civitas MAN 1 Bandung bersama-sama khatam Al Qur’an diharapkan akan menambah keberkahan pada bulan Ramadhan yang dikenal juga sebagai bulan Al Qur’an.
Bagus adalah istilah popular Berbagi itu Harus, merupakan kegiatan Bakti Sosial dengan teknis pelaksanaannya peserta didik diberi kewajiban membawa 1 bungkus mie instan yang nantinya akan dibagikan kepada warga sekitar.
Raihan (Raih Surga dengan Al Qur’an) merupakan praktik membaca serta menulis ayat Al Qur’an. Dengan teknis pelaksanaan setiap peserta didik akan dites membaca serta menulis ayat Al Qur’an oleh guru pembimbing yang telah ditentukan.
Berkah (Benar Aktivitas dalam Ibadah) Merupakan program praktik ibadah yaitu prakti tata cara berwudhu dan praktik tata cara solat yang benar. Dengan teknis pelaksanaannya, setiap peserta didik akan di tes praktik tata cara wudhu dan praktik tata cara solat beserta bacaannya oleh guru pembimbing yang telah ditentukan.

Program Gempita lainnya yaitu Gembira (Gemar Berlomba Islam Ceria), merupakan program kegiatan lomba untuk mencari potensi peserta didik di bidang Pengetahuan Agama, Tilawah serta Hapalan Al Qur’an. Adapun jenis lombanya yaitu;
• Lomba Cerdas Cermat (LCC)
• Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ)
• Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ)