blog

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung Meraih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2021

(Bandung, Desember 2021). Alhamdulillaah… Desember menjadi bulan yang bersejarah bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung, karena madrasah tersebut berhasil meraih penghargaan bergengsi di tingkat nasional sebagai madrasah Adiwiyata Nasional Tahun 2021.
Tepatnya pada tanggal 22 Desember 2021, penghargaan tersebut diserahkan oleh Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dalam rangka memperingati Hari Ibu.
Penghargaan itu tercantum dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK. 1079/MENLHK/P2SDM/SDM.2/2021 Tentang Penetapan SekolahAdiwiyata Nasional Tahun 2021, yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.
Prestasi gemilang atas penghargaan tersebut tentu saja merupakan hasil kerja keras seluruh civitas Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung dalam menjaga dan memelihara kebersihan, keindahan, kenyamanan lingkungan madrasah dan sekitarnya.
Proses yang cukup panjang telah berhasil dilalui oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung. Berawal dari keberhasilan meraih Madrasah sehat pada tahun 2017. Selang satu tahun kemudian, pada tahun 2018 gelar Madrasah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bandung berhasil diraih. Selanjutnya Bulan Juni 2019 Madrasah Adiwiyata Tingkat Propvinsi juga berhasil diraih.
Kini tiga gelar Adiwiyata, Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bandung, Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat, dan Adiwiyata Tingkat Nasional dengan bangga berderet gagah membanggakan menjadi milik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung.
Program Adiwiyata merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk mendorong peningkatan pengetahuan dan warga sekolah untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan. Melalui program Adiwiyata, diharapkan ke depan semakin banyak madrasah/sekolah yang melakukan kampanye peduli budaya lingkungan, sehingga dapat menumbuhkan generasi muda yang peka dan ramah lingkungan.
Semoga dua tahun ke depan, gelar Adiwiyata Mandiri juga menjadi milik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandung.
Berdasarkan hasil penilaian, 77 sekolah Adiwiyata mandiri dan 344 sekolah Adiwiyata negeri menerima penghargaan tahun ini. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Usai penyerahan penghargaan, acara "Women and Nature Talk Show" dilanjutkan dalam rangka memperingati Hari Ibu.